Toko Demak jual karbol sereh,sabun sereh pompia,sabun sereh,sabun pompia,sabun sereh, alpha meta,alpha spin,fytomaxx,angels secret,angelmoon,winion,pembalut sehat anion, sabun sereh murah semarang,produsen sabun sereh,sabun herbal,manfaat sabun sereh untuk wajah,sabun sereh, Kapsul Sambiloto,Pegagan,Binahong,Kelor,Daun Sirsak,Temulawak,Jati Belanda,Kulit Manggis,Kumis Kucing,Insulin,Mengkudu,Kunyit Putih,Jati Cina,Meniran,Daun Katuk, Kapsul Herbal, Obat Herbal Murah di Semarang

Growth Hacking by Ahmad Zaky, CEO Bukalapak.com

kapsul sambiloto,kapsul kunyit putih,kapsul kelor,obat kanker,herbal kanker,obat covid,herbal covid,obat corona


Growth Hacking by Ahmad Zaky, CEO Bukalapak.com


@growthhackasia
GH Process

Acquisition – activation- Retention – referral(ret – active) – revenue


Retention use email

Process of experiment : Lean Startup. Idea – MVP – validate

Growth Hacking
@ Comma ID , 05 Feb 2015.
Ahmad Zaky, CEO Bukalapak

Menurut mas zaky, Growth hacking menekankan kepada Growthnya itu sendiri

Apasih Growth itu? Menurut beliau growth adalah bagaimana sikap kita terhadap perubahan. Karena market itu selalu berubah2 bukan?

“Growth is adapt to change. Cause Market is always change, right?”

Ahmad Zaky, Bukalapak 2015
Growth adalah sebuah mindset, atau habit kita.

Klo kita dah punya mindset utk selalu growth, maka kita akan terus berupaya utk terus growth.

Mas Zaky menganalogikan klo kita suka lari, maka tiap pagi kita akan selalu pgn utk lari.

Tools utk menganalisis growth kita, banyak sekali tools yg bisa digunakan, google analytics, google trend, alexa, dll.

Harus detail jg diteliti datanya.

Bukalapak tracking so many matrix utk mengetahui growth nya.

Di thn 2011, bukalapak nawarin pengguna FB utk jualan via Bukalapak.com. Masing2 user di inbox satu persatu.

Mas zaky mengungkap 1 buah buku yg judulnya : Zero to One, by Peter Thiel. #catet

Di buku ini mas zaky menerangkan 1 buah istilah (lupa persisnya) mungkin : Network effect.

Selain soal mindset, 1 point penting lg yg di share oleh mas zaky adalah : Upayakan One step Ahead. Find another things. Begitulah kira2.

Maksudnya klo dulu bukalapak growth hack lewat inbox fb ke tiap user, yg dimana di tahun 2011 itu adalah zaman dimana kita sangat antusias ketika ada yg add kita n inbox secara langsung, maka fb saat ini sudah jauh berbeda. Ketika ada yg inbox numpang jualan, pasti kita anggap spam. :))

Dulu iklan fb sangat murah , ketika sekarang semuanya ngiklan di fb, akhirnya semakin kesini budget pun meningkat. Begitupun jg dgn yg lainnya. Oleh karena itu, terus cari another things yg bisa kita gunakan dan kita jadikan sbg resep rahasia kita utk growth hacking.

::: Sesi Diskusi :::

ASK : Uniqueness of bukalapak ?
Bukalapak not unique, but we do better

ASK : Adakah budget utk growth hack?
Everyone is growth hacker. No department.

ASK : Awal mula Bukalapak?
Start with 2 people. Mas Zaky dgn CTOnya.

———-

Faktor Keberuntungan Bukalapak :
Di tahun 2011, lg maraknya sepeda, bukalapak mendapatkan momen itu.

Kemaren juga pernah marak-maraknya batu akik, bukalapak kembali mendapatkan momen tersebut.
——–

Kesimpulan yg bisa saya buat :
– Growth hack bukan cuma soal teknik, tp jg soal mindset.
– Criticize the data dan harus detail.
– Growth hacking bisa menggunakan apa saja, dan caranya ya kita harus cari sendiri.
– Harus one step ahead. Find another new things

——–

Dan utk masalah spending money utk growth, kondisi ketika dari terbatasnya uang menjadi memiliki cukup uang, kecenderungan kita adalah enjoy the money.

Oleh karena itu, upayakan growth kita selaras dgn budget yg ditingkatkan. Paling tidak sama.

——–

Bagaimana retention nya bukalapak?
Make customer happy
——–

Beberapa sepatah quotes / kata2 dr mas Zaky. Mohon maap ya mas klo kata2nya salah2 dikit . hehehe

“Growth is adapt to change. Cause Market is always change, right?”

“Market are huge. Don’t worry with competition.”

“Making your product much more bigger, Traffic will automatically growth.”

Sekian, semoga bermanfaat